Pelatihan desain grafis menggunakan CANVA

[Taipei, Taiwan – Ahad, 7 November 2021] PIKSEL (Pelatihan Akselerasi Desain Grafis untuk PMI) secara offlinediadakan sebagai penerus kegiatan daring (online). Kegiatan kolaboratif antara PPI Taiwan dan KDEI yang diselenggarakan di KDEI ini berhasil memukau sembilan pekerja migran Indonesia (PMI). Mereka menyatakan puas dan bersemangat membuka bisnis setelah Kembali di Indonesia kelak. 

Foto bersama saat pembukaan PIKSEL

PIKSEL

PIKSEL dilatarbelakangi oleh minat belajar desain grafis dari PMI di Taiwan untuk mendukung bisnis digital yang sedang atau mungkin dilakukan oleh PMI sebagai tambahan income. Sehingga materi diutamakan tentang pembuatan desain media promosi dan produk (misal: flyer produk, packaging, kaos dll) yang akan ditampilkan pada kegiatan exhibition.

Kegiatan ini secara penuh dilaksanakan 4 kali online dan 2 kali offline dengan menghadirkan trainer yang handal di bidangnya. Inisiasi program dilakukan dengan menggunakan handphone sebagai gadget yang sudah umum dimiliki dan digunakan sehari-hari. Hal ini juga didukung dari hasil kuesioner yang dihimpun yang menyatakan bahwa para PMI menginginkan pelatihan yang menggunakan media telepon genggam.

Kegiatan yang berlangsung sekitar lima jam ini bertujuan meningkatkan wawasan desain grafis untuk PMI, membekali PMI dengan keterampilan berupa desain grafis, menjawab kebutuhan PMI dengan melibatkan kemudahan bagi PMI, dan mempersiapkan PMI agar dapat berdikari dalam hal bisnis usai menjadi PMI di Taiwan. Output program kerja ini adalah desain media promosi dan produk, seperti: flyer produk, packaging, kaos, dan lain-lain.

Kepala Bidang Tenaga Kerja KDEI, Ibu Purwanti Uta Djara

Susunan acara berupa pembukaan, sambutan dari perwakilan Ketua PPI Taiwan, sambutan dari Kepala Bidang Tenaga Kerja (Ibu Purwanti Uta Djara), penyampaian materi, praktik desain,  ishoma, praktik mendesain, diskusi interaktif, dan penutup. Hiburan berupa permainan dan musik tradisional ala Didi Kempot semakin menyemarakkan kegiatan itu. 

Dalam sambutan dan wawancara dengan YinniHao, Kepala Bidang Tenaga Kerja, Ibu Purwanti Uta Djara, mengatakan, “Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para PMI sekembalinya mereka ke Indonesia. Diharapkan agar mereka saat akan kembali lagi ke Taiwan sudah menjadi pengusaha, eksportir, liburan, bukan sekadar bekerja lagi.”

Bahagia Bersama CANVA

Dalam pelatihan grafis yang diikuti oleh sembilan orang PMI itu, dibahas tentang Canva beserta segala seluk-beluknya, meliputi: definisi, manfaat, fitur-fitur gratis, dan cara menggunakannya. Mari kita bahas satu per satu. Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah digunakan, bahkan bagi pemula. Canva juga dapat diakses melalui perangkat desktop dan mobile sehingga memudahkan Anda untuk berkreasi kapan pun dan di mana pun. Aplikasi web ini memiliki dua versi, berbayar dan gratis.

Canva dapat bermanfaat untuk beragam tujuan. Mulai dari branding, desain poster, membuat (banner) iklan dan desain kemasan produk, featured image sebagai pemanis desain blog, infografis pelengkap artikel, mendesain media visual, merancang newsletter sebagai teknik pemasaran, thumbnail You Tube, invoice (rincian pembayaran), serta kegunaan lainnya. 

Canva juga memiliki banyak sekali keunggulan. Salah satunya, Canva menyediakan lebih dari delapan ribu template untuk berbagai jenis konten visual. Konten itu terbagi menjadi multikategori, misalnya: slides presentasi, banner website, kupon diskon. Selain itu, Canva memiliki kapasitas penyimpanan 1GB, memungkinkan untuk kustomisasi teks (mengubah dan mengedit font, ukuran teks, dan format lainnya), menyediakan ratusan icon, ilustrasi, variasi background (latar belakang) berupa pilihan gambar, gradien warna, serta vignette yang atraktif. 

Bagi generasi milenial yang suka belajar, tepat sekali memilih Canva sebagai media pembelajaran. Kita dapat belajar beragam teknik pemasaran berbasis konten visual melalui video panduan yang disediakan Canva secara gratis. 

Langkah Pertama

Lalu, bagaimanakah cara menggunakan Canva? Berikut ini pedomannya. Pertama, membuat akun Canva. Masuklah melalui www.canva.com, lalu klik tombol “sign up” yang ada di sebelah kiri atau pojok kanan atas layar. Anda dapat mendaftar dengan akun Google, Facebook, atau alamat email. Setelah melakukannya, akun Canva siap digunakan. 

Langkah Kedua
 

Kedua, membuat desain pertama Anda. Untuk menciptakan desain pertama Anda, klik tombol “create a design”, lalu pilih jenis konten visual yang ingin Anda ciptakan. Ketiga, memilih Background. Setelah memilih jenis konten yang ingin dibuat, Anda masuk ke halaman editor Canva. Anda bebas merancang desain dengan bantuan template. Silakan pilih “Background”. Terdapat dua menu yang dapat dipilih saat ingin menentukan gambar untuk latar belakang desain, yaitu “Photos” atau “Background”. 

Langkah Ketiga

Keempat, mengedit Background. Untuk melihat fitur editing gambar silakan pilih sebuah foto sebagai latar belakang. Sesuaikan foto itu dengan bidang yang ada. Anda dapat melakukannya dengan klik salah satu dari keempat ujung foto tersebut, lalu menariknya. Bila gambar pilihan untuk background terlalu terang atau gelap, dapat diedit dengan “Adjust”. Pada tampilan Adjustment, akan muncul beberapa komponen yang dapat disesuaikan, seperti: Brightness, Contrast, Saturation, Tint, Blur, X-Process, dan Vignette. 

Langkah Keempat bagian pertama
Langkah Keempat bagian kedua
 

Kelima, menambahkan teks. Klik menu “Text”. Ada dua cara yang dapat digunakan untuk memasukkan teks. Anda dapat memilih dari berbagai template yang ada, lalu gantilah tulisan di template itu. Bila tidak tertarik dengan variasi template yang ada, maka cukup klik “Add a heading”. Tidak masalah model apapun yang dipilih, karena ukuran, warna, dan gaya tulisan dapat diubah dengan klik pada teks yang ingin dikustomisasi.

Langkah Kelima bagian pertama
Langkah Kelima bagian kedua
Langkah Kelima bagian ketiga

Keenam, mengunduh dan membagikan desain Anda. Bila tidak ada hal lain yang ingin ditambahkan, desain Anda sudah selesai. Canva memiliki fitur autosave. Untuk mengunduhnya, klik “Download” yang ada di pojok kanan atas layar. Setelah menekan “Download”, Anda dapat memilih format file (PNG, JPG, atau PDF). Hasil desain Anda siap dibagikan. Mudah, kan, menggunakan CANVA?

Langkah Keenam

Suasana Pelatihan

Selama kegiatan berlangsung, para peserta tekun dan serius menyimak materi yang diberikan oleh para trainer. Sebagian dari mereka juga tak segan-segan bertanya langsung bila ada hal yang kurang dimengerti. Suasana berubah semakin “bergairah” terutama saat panitia memutar musik tradisional Didi Kempot. 

Suasana saat pelatihan PIKSEL berlangsung
Peserta tampak serius berdiskusi dengan trainer
Berswafoto bersama usai pelatihan

Kesan Trainer

Antusiasme para peserta membuat trainer juga semakin bersemangat di dalam berbagi ilmu. Hal ini dinyatakan oleh salah satu trainer, Christian Kurniawan Bambang. Kepada YinniHao, mahasiswa S1 Teknik Sipil National Taiwan University itu menyatakan, “Senang sekali bisa sharing ilmu kepada rekan-rekan PMI di Taiwan. Terlebih setelah tahu rekan-rekan PMI ini memang memiliki kebutuhan untuk memelajari desain grafis lebih lanjut dikarenakan kebutuhan akan pekerjaan sampingan mereka. Mulai dari ide usaha, usaha sampingan, atau bisnis kecil-kecilan. Banyak dari rekan-rekan PMI menunjukkan keseriusannya dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan yang tentunya membuat saya sebagai trainer semakin semangat dalam membagikan ilmu. Terima kasih kepada PPI Taiwan dan KDEI yang senantiasa mendukung kegiatan ini.” 

Hal itu senada dengan trainer lain, yakni Afifah Nurrosyidah. Kepada YinniHao, mahasiswa PhD jurusan manajemen informasi National Cheng Kung University tersebut berbagi cerita, “Kebutuhan akan desain grafis saat ini sangat penting, khususnya untuk kebutuhan promosi dan usaha, serta konten media sosial. Pelatihan desain grafis sangat penting untuk PMI, selain menyesuaikan dengan kebutuhan dan tren, juga bisa digunakan dalam berbagai hal seperti bisnis mandiri. Bahkan hanya berbekal Hp, banyak karya-karya yang bisa dihasilkan. Semoga setelah mengikuti pelatihan ini, para PMI semakin kreatif dan inovatif.”

Kesan Peserta

Peserta merasa sangat puas dan berterima kasih atas diselenggarakannya kegiatan ini. Hal ini terungkap dari hasil wawancara dengan Nini. Kepada YinniHao, mahasiswi S1 Universitas Terbuka Taiwan itu menyatakan, “Acara ini dapat menambah pengetahuan saya pribadi juga teman-teman PMI dalam hal desain grafis. Terima kasih kepada para pengurus PPI Taiwan dan KDEI yang telah memfasilitasi terseleggaranya pelatihan ini. Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi SDM negara kita di negeri Formosa.” 

Hal senada juga diungkapkan oleh Dewi Susanti. Kepada YinniHao, ia mengungkapkan, “Pelatihan ini sangat membantu dan menginspirasi. Kegiatan mendesain grafis ternyata sangat mudah. Saya bisa mendesain dengan sangat bagus dan profesional menggunakan CANVA setelah mengikuti pelatihan ini. Semoga ilmu ini bermanfaat dan membuat kehidupan kami menjadi lebih berwarna dengan desain-desain yang cantik. Ke depannya, tentunya sangat memudahkan saya untuk mempromosikan bisnis.” (Liputan oleh: Dito Anurogo, sedang S3 di International PhD Program for Cell Therapy and Regeneration Medicine (IPCTRM), College of Medicine, Taipei Medical University (TMU), Taiwan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *